RSS

Selamat datang di blog saya. Blog ini berisi tentang artikel-artikel yang menurut saya menarik, lucu, romantis, unik & mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya. Selamat membaca.... ^_^

12 Cara Membuat Hari Suram Jadi Ceria


Siapapun bisa mengalami hari yang suram. Hari ketika sepertinya apapun yang kita kerjakan tidak berhasil sempurna seperti yang diharapkan. Lalu bukan hanya soal pekerjaan tapi juga merambat ke kehidupan pribadi. Seolah alam semesta sedang bermusuhan dengan Anda. Lalu apa yang harus dilakukan? Anda pasti tak boleh diam-diam saja. Lawanlah dengan 12 langkah berikut:

1. Tolak keinginan untuk mentraktir diri sendiri.
Makan di restoran mewah, berbelanja, ya, tentu saja ada kesenangan di dalamnya, tapi paling hanya bertahan beberapa menit, setelah itu masalah datang lagi, ditambah dengan rasa bersalah, kehilangan kendali, dan berbagai konsekuensi negatif lain.

2. Lakukan sesuatu yang menyenangkan untuk orang lain.
Perbuatan baik selalu terasa baik, ini sungguh-sungguh benar terjadi. Beri kesenangan kecil untuk orang-orang di sekeliling mereka, dan lihat hasilnya.

3. Alihkan perhatian.
Jangan tenggelam dalam masalah yang beruntut. Alihkan perhatian dengan melakukan sesuatu yang kecil tapi menyenangkan, misalnya membaca, menonton film, memasak, berolah raga . Apapun asal bukan sesuatu dimana Anda harus berkorban mengeluarkan biaya.

4. Cari kedamaian dengan pekerjaan yang berbeda.
Banyak yang bisa dilakukan seperti memberesi rumah atau meja kerja. Membersihkan kamar, mensortir baju, membereskan meja kerja. Perasaan melihat langsung bahwa ada sesuatu yang bisa langsung beres dalam sekejap, bisa menimbulkan perasaan terkendali dan nyaman.

5. Katakan pada diri sendiri ,"Yah paling tidak ini lebih baik dari..."
Mengingat  sesuatu yang menyenangkan bisa membangkitkan semangat, seperti, paling tidak kita punya waktu untuk berolahraga, bermain bersama anak-anak, atau apapun yang bisa disyukuri dalam hidup.

6. Olahraga
Melakukan aktifitas fisik adalah cara memperbaiki suasana hati yang hebat. Tapi berhati-hati menjaga fokus hanya pada olahraga yang dilakukan, agar pikiran tak hanyut untuk memikirkan masalah yang itu-itu saja.

7. Hubungi teman-teman
Saat menghadapi masalah orang cenderung menyepi dan menyendiri. Padahal pada saat menyepi ini justru masalah jadi tampak seolah-olah lebih besar. Maka sebaliknya coba hubungi teman-teman Anda dan ajak ngobrol mereka.

8. Karena pagi itu indah
Pagi yang cerah selalu membawa semangat baru untuk menjalani hidup. Jadi segeralah tidur cepat di malam hari agar lebih siap menyambut pagi. Walaupun saat masalah menimpa memang orang jadi sulit tidur, tapi kini Anda tahu bagaimana melawannya.

9. Mengingatkan diri sendiri akan identitas yang lain.
Tak ada satu identitas pun yang bisa menjelaskan kepribadian seseorang. Tiap orang selalu punya lebih dari satu identitas. Saat hasil kerja di kantor memburuk, toh masih ada orang di rumah yang sedang menunggu kepulangan Anda.

10. Kembali ke perspektif: dalam hidup tak ada yang abadi
Kesenangan tak ada yang abadi, demikian juga kesedihan dan semua masalah, kan ?

11. Tulislah
Daripada membiarkan masalah terus berputar di dalam otak, ada kalanya menjabarkan masalah dalam tulisan dan mengumpulkan kemungkinan-kemungkinan solusi yang bisa dilakukan akan sangat membantu.

12. Bersyukur.
Buka kembali kenangan masa lalu, saat Anda berhasil menyelesaikan masalah yang semula Anda anggap pelik. Anda pernah berhasil, bersyukurlah atas keberhasilan dulu. Yakinlah bahwa saat ini pun Anda pasti akan berhasil lagi untuk menyelesaikan masalah yang ada.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis